Kabupaten Gunungkidul merupakan satu diantara Provinsi Yogyakarta yang terkenal memiliki keindahan alam menakjubkan. Deretan pantai-pantai indah laut selatan merupakan bukti bahwa Gunungkidul memiliki potensi wisata ciamik. Misal pantai Gunungkidul yang sudah cukup lama populer karena keindahannya yakni pantai Baron Gunungkidul Yogyakarta. Pesona dimiliki oleh pantai tersebut mampu menandingi wisata pantai Parangtritis, oleh sebab itu maka wisata pantai Jogja ini bisa dijadikan referensi destinasi wisata favorit ketika akhir pekan atau pun musim liburan.

pantai baron gunungkidul

Pantai laut selatan ini memiliki ciri khas pasir pantai coklat muda sangat mirip dengan pasir di pantai Parangtritis dan ombak pantai besar sangat terasa disana. Hanya saja Baron beach memiliki keunikan, jika dibandingkan pantai-pantai laut selatan di Jogja yaitu memiliki dua jenis air yaitu tawar dan asin, sebab sumber air di pantai berasal dari sungai di pantai Baron.

Pengunjung diperbolehkan berenang bebas di lokasi pantai, hanya saja dalam kegiatan berenang para pengunjung wajib waspada karena ombak dihasilkan oleh Baron beach tergolong besar, oleh sebab itu sangat dianjurkan jangan berenang hingga ke tengah laut. Agar demi menjamin keselamatan, sebaiknya anda mengikuti semua petunjuk dan arahan pengelola wisata diantaranya melewati batas-batas pantai.

Berbeda dengan pantai Parangtritis yang melarang keras pengunjungnya memakai baju berwarna hijau, disana pengelola wisata memperbolehkan pengunjung bebas memakai baju berwarna apa saja. Sehingga anda pun tak perlu cemas jika datang kesana memakai baju berwarna hijau.

Pada umumnya berkunjung datang kesana selain menikmati suasana pantai, juga berburu wisata kuliner seafood khas Gunungkidul. Di kawasan wisata terdapat banyak sekali warung-warung makanan menawarkan bermacam wisata kuliner seafood seperti kepiting, udang, lobster dan ikan-ikan laut.

Tiap-tiap pengunjung wajib membayar ongkos retribusi, jika memasuki area wisata pantai. Jadi pengunjung hanya membayarkan tiket masuk sebesar Rp. 20.000 per orang, maka sudah diizinkan mengelilingi kawasan pantai selatan di Gunungkidul. Alamat pantai Baron Gunungkidul berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.