Cloud computing memang masih terdengar aneh bagi sebagian orang. Namun kehadiran cloud computing di era yang semamin digital ini memang sudah mulai terasa di masyarakat. Jika ditelusuri, ternyata penggunaan email dan media sosial juga berhubungan cloud computing. Pada dasarnya, teknologi yang satu ini adalah gabungan dari memanfaatkan teknologi komputer dalam suatu jaringan. Jaringan ini juga mengembangkan basis internet yang berfungsi untuk menjalankan suatu program atau aplikasi lewat computer yang sudah terkoneksi pada waktu yang sama.namun tidak semua perangkat yang terkoneksi menggunakan cloud computing.

Saat ini komputasi awan atau cloud computing sudah merambah ke Indonesia. Memang cloud computing bukan hanya dijadikan sebagai trend saja di dalam dunia IT, namun hal tersebut justru sudah menjadi suatu kebutuhan yang wajib hadir untuk tiap pebisnis dan perusahaan. Persaingan semakin hari semakin ketat, sehingga perusahaan pun perlahan-lahan akan beralih ke cloud computing. Karena cloud computing akan membantu penggunanya untuk memberikan fleksibilitas untuk mengatur kebutuahn kapasitas dari virtual server mereka. Hal ini tentu saja sangat berguna karena dapat diatur sesuai dengan kebutuhan dan kondisi perusahaan. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Beruntungnya sudah ada cloud Indonesia yang siap untuk membantu para pebisnis serta berbagai perusahaan di tanah air.

Saat load bisnis sedang naik, maka perusahaan dapat denga mudah untuk melakukan scale up bagi kapasitas virtual server mereka. Lalu saat kondisi bisnis sedang normal, maka virtual server akan menurunkan kapasitasnya. Hal ini dapat disesuaikan dengan mudah dan sederhana. Memang layanan cloud services terdir dari beberapa layanan public cloud yang juga menyediakan berbagai infrastruktut IT dengan para multi-tenant. Mereka pun juga sudah menggunakan perangkat virtual server yang bisa diakses dengan mudah lewat jaringan internet serta jaringan private. Lalu layanan private cloud ini pun juga menyedikana berbagai infrastruktut IT dengan menggunakan perangkat IT untuk satu perusahaan, menariknya, perangkat ini bisa diakses lewat jaringan internet biasa maupun jaringan private. Nah, karena di Indonesia sudah ada teknologi ini maka semua dapat merasakan manfaatnya.

Baca juga:

Mpasi terbaik untuk bayi

Cara mengubah not angka menjadi not balok