Tidak selamanya setiap perangkat elektronik akan berjalan mulus tanpa ada masalah dalam penggunaannya. Sama halnya dengan produk ac yang merupakan salah satu perangkat elektronik yang populer digunakan banyak kalangan saat ini. Tentunya di dalam penggunaan ac juga sering mengalami permasalahan. Salah satu masalah yang sering dihadapi para pengguna ac adalah kebocoran di unit ac yang dipasang. Banyak pengguna ac yang tidak mengetahui apa yang menyebabkan ac menjadi bocor. Sehingga jika hal tersebut dibiarkan dalam waktu yang lama akan menyebabkan kerusakan pada ac tersebut.

Mengetahui hal tersebut, tentunya segera dilakukan perbaikan supaya masalah tidak menyebar ke komponen lainnya. Salah satu hal yang harus anda lakukan adalah dengan memanggil teknisi ac untuk melakukan perbaikan dari ac yang bocor tersebut. Ada  yang menjadi beberapa penyebab mengapa ac menjadi bocor. Biasanya kebocoran pada ac tersebut ditandai dengan keluarnya air di bagian proses kerja normal dari ac yang digunakan. Dengan demikian, maka hal itu akan menghilangkan tingkat kelembaban udara yang ada di dalam rumah. Kelembaban yang terjadi itu tentunya akan menimbulkan embun. Selanjutnya embun tersebut akan mengalir dan keluar melalui lubang pembuangan di bagian bawah mesin ac.  Sehingga air pun akan keluar melalui mesin ac tersebut.

Meski bisaterbilang wajar adanya kebocoran pada ac, namun jika terjadi melebihi batas normal maka akan menjadi masalah. Permasalahan itu diantaranya lantai akan menjadi basah atau bisa juga akan membasahi perabotan anda lainnya. Lantas apa yang menjadi penyebab dari adanya kebocoran pada ac tersebut? Berikut ini ulasannya.

Pipa AC yang sudah cukup tua usianya

Bila anda termasuk pengguna ac yang sudah cukup lama, tentunya komponen-komponen lainnya pun sudah cukup umur. Terlebih jika anda jarang melakukan perawatan. Kondisi tersebut akan menjadi hal yang wajar ketika terjadi kebocoran pada ac anda. Pipa ac akan rusak karena faktor usia. Karena pipa  yang rusak itulah, maka timbul kebocoran. Untuk mengatasinya, maka anda perlu melakukan penggantian dari pipa yang rusak tersebut. Dengan digantinya pembungkus pipa tersebut, maka masalah kebocoran dari ac yang anda gunakan pun akan teratasi.