Air Terjun Madakaripura mungkin bukan merupakan destinasi utama bagi para wisatawan yang mengunjungi kawasan Gunung Bromo. Padahal, air terjun tersebut sangat indah dan mencapainya pun tidak sulit, karena masih terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Secara teritorial, Air Terjun Madakaripura termasuk pada wilayah Kabupaten Probolinggo.

Legenda Madakaripura, Peristirahatan Terakhir

Madakaripura sendiri memiliki arti “peristirahatan terakhir”, di mana tempat tersebut diyakini sebagai lokasi Mahapatih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit Hindu melakukan moksa, atau wafat tetapi jiwanya langsung menuju Kahyangan. Keberadaan Arca Sang Mahapatih merupakan alasan di balik kisah tersebut, sehingga sesekalai diadakan ritual penghormatan kepada Patih Gajah Mada di sana.

Air Terjun Madakaripura

Pesona Air Terjun Madakaripura

Inilah petualangan saya saat ikut wisata yang disediakan oleh www.sepuluhpersentravel.com. Ketika pertama kali menginjakkan kaki di Air Terjun Madakaripura, maka sayapun akan langsung disambut dengan cuaca sejuk dari kawasan wisata air alami tersebut. Ketinggian dari pangkal airnya sendiri mencapai 200 meter dengan kubik air yang cukup deras yang mengalir ke sebuah kolam di bawah, penampung seluruh air dari total lima terjunan.

Kolam yang terbentuk dikelilingi oleh dinding-dinding batu raksasa di mana air terjun menyembur hampir di setiap sisi. Wisatawan dilarang berdiri tepat di bawah air terjun karena arusnya yang terlalu deras, namun diizinkan berenang atau bermain air di dalam kolam. Tetapi, perlu diingat bahwa kolam tersebut memiliki kedalaman mencapai tujuh meter.

Di salah satu sisi, terdapat sebuah goa dipenuhi stalagmite dan stalagtit yang mengeluarkan gema mirip bisikan. Wisatawan dapat mengunjungi goa tersebut dengan syarat harus menyeberangi kolam air yang ada terlebih dahulu dan hal itu bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan, terutama tidak disarankan jika membawa anak-anak untuk turut serta.

Selain dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menyejukkan mata dan pikiran, Air Terjun Madakaripura juga acap kali dijadikan sebagai latar foto pre-wedding untuk calon pengantin yang akan menikah. Selain itu, wisatawan yang datang pada saat yang tepat dapat sekaligus menyaksikan ritual sesaji yang digelar masyarakat sekitar untuk penghormatan Patih Gajah Mada.