Berdebat mengenai dampak video game terhadap anak seolah-oalh tidak akan pernah ada habisnya, tidak sedikit orang tua yang memiliki anggapan bila video game banyak dampak negatif bila dimainkan oleh anak.

Perlu dipahami oleh para orang tua, masih ada game yang tidak menyuguhkan aksi kekerasan. Ada juga game yang memiliki nilai edukasi tinggi, sehingga sangat bagus bila dimainkan oleh anak.

Manfaat Positif Yang Diperoleh Anak Saat Bermain Game

Dengan memainkan game edukatif bisa membantu anak dalam mempelajari beragam hal, seperti misalnya belajar menghitung, belajar membaca, belajar mengenal nama hewan, belajar negara yang ada di dunia dan lainya. Dengan adanya game edukasi ini, orang tua sudah tak perlu lagi mengalami kecemasan yang berlebihan saat anak bermain game. Tugas orang tua hanyalah mengatur waktu anak untuk bermain dan sekolah agar seimbang.

Berikut beberapa manfaat positif yang di dapatkan anak saat memainkan game edukasi

Mengajarkan Sains Terhadap Anak
Anak jaman sekarang lebih suka belajar melalui media game ketimbang belajar dari membaca. Bila anda ingin anak belajar sain dari game, pilihlah game yang mengajarkan cara berhitung, game belajar mengenal huruf atau bisa juga memilih game belajar memasak. Dalam mengajari anak, jangan paksakan dia menggunakan metode anda, namun carilah metode yang terbaik dan yang disukai oleh anak.

Melatih Anak Membuat Strategi
Manfaat yang berikutnya ialah mengajarkan anak untuk berfikir kreatif mencari strategi yang terbaik untuk menang. Setiap game memiliki beberapa level dan tiap levelnya pasti memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Semakin tinggi levelnya, maka anak akan semakin berfikir kreatif.

Meningkatkan Koordinasi Mata dan Tangan Anak
Hasil penelitian yang dilakukan oleh pakar international membuktikan bahwa dengan bermain game bisa meningkatkan kemampuan koordinasi mata dan tangan.

Mengajarkan Sikap Pantang Menyerah
Dalam bermain game, suatu saat anak akan mengalami kekalahan pada level tertentu karena bisa saja anak merasa kesulitan dalam menyelesaikanya. Berawal dari kekalahan, rasa penasaran akan muncul dan anak akan terus berusaha mencoba untuk menyelesaikanya. Secara tidak langsung hal ini melatih sikap anak agar tidak mudah menyerah.

Kesimpulan
Tidak semua game hanya menyuguhkan aksi kekerasan dan berdampak negatif, namun masih ada game yang berdampak positif karena mengandung nilai edukasi

sehingga aman dimainkan oleh anak. Meskipun anak sedang memainkan game edukatif, pengawasan serta bimbingan orang tua tetap diperlukan. Bila

memerlukan game yang bagus untuk anak, bisa membelinya melalui toko menjual kaset game pc murah yang terdekat dari rumah anda.