YogaYoga adalah seni kuno untuk tetap bugar, baik secara fisik maupun mental. Manfaat yoga sangat besar sehingga mereka masih ditemukan hampir setiap hari. Manfaat dari seni kuno ini termasuk fisik, mental, kesehatan emosional, manfaat spiritual dan penyembuhan alami.

Seni Yoga telah berevolusi selama berabad-abad di India kuno. Catatan paling awal dari bentuk seni ini ditemukan dalam teks dan mitologi Hindu kuno. Yoga menjaga pikiran dan tubuh seseorang sesuai dengan memperlambat proses penuaan alami. Ini mengurangi jumlah racun yang diserap oleh sel tubuh kita dan dengan demikian memperlambat kerusakannya.

Kesehatan fisik seseorang adalah manfaat Yoga yang jelas. Ada pose yoga tertentu atau asana yang ditujukan untuk meningkatkan tinggi badan, menurunkan berat badan dari pinggang atau pinggul, memperlancar peredaran darah, menyelesaikan masalah gastrointestinal dan masalah pernapasan, menormalkan tingkat tekanan darah dan dalam mengendalikannya, meningkatkan efisiensi kardio-vaskular, meningkatkan kekuatan fisik dan stamina adalah beberapa nama saja.

Di luar manfaat fisik yang lebih jelas, ada banyak manfaat spiritual Yoga. Pada tingkat dasar, Yoga membantu dengan meningkatkan tingkat konsentrasi dan kejernihan mental kita. Pada tingkat lanjut, meningkatkan kontrol pikiran, pengendalian pikiran dan juga dikenal membantu dalam mengembangkan kekuatan batin. Pada tingkat yang lebih tinggi Yoga menyatukan diri dengan lingkungan dan orang-orang di sekitar kita. Ini membantu kita menyadari dan mengalami bagaimana kita adalah Satu dengan alam. Ini adalah semacam pencerahan yang membuat kita merasa sejajar dengan alam semesta. Kita menjadi lebih sadar akan kehidupan orang-orang di sekitar kita dan bagaimana mereka terjalin dengan kehidupan kita sendiri. Ini membuat kita merasa damai dengan diri kita sendiri. Latihan memurnikan, menyembuhkan dan meremajakan dapat memulihkan kesehatan, kekuatan hidup, sukacita dan juga memperpanjang rentang hidup. Latihan-latihan tertentu, seperti latihan Laya Yoga melayani pembebasan, keselamatan jiwa dan menemukan kembali hubungan kita dengan Tuhan. Yoga dengan demikian memberikan kedamaian mental dan kerukunan spiritual. Perwujudan diri spiritual seseorang membuat kita menjadi orang yang lebih baik.

Tiga komponen utama untuk latihan Yoga adalah: bernapas, konsentrasi dan postur juga dikenal sebagai asanas. Ketiga komponen bekerja bersama untuk tujuan tertentu.

Salah satu asana yang paling sering dipraktekkan adalah Sirsha asana atau Pose Headstand. Untuk melakukan latihan ini, pertama-tama, berlutut dan letakkan tangan Anda di lantai. Interlock jari-jari kedua tangan. Letakkan kepala Anda di antara kedua tangan Anda, rata di lantai. Angkat punggung Anda dari posisi berlutut sehingga Anda berada di ujung jari-jari kaki Anda, dengan kepala Anda masih di lantai. Perlahan-lahan angkat kaki Anda dari lantai sehingga melebar ke atas, menjaga tubuh sejajar dan seimbang. Teknik pernapasan yang digunakan selama latihan meningkatkan efek keseluruhan.

Teknik pernapasan, juga dikenal sebagai pranayama, bertujuan untuk membawa lebih banyak oksigen ke dalam aliran darah kita sehingga meningkatkan efisiensi sistem kita. Teknik pernapasan berjalan seiring dengan berbagai asana.

Yoga menemukan manfaat besar dalam kehidupan kita saat ini. Mulai dari mengurangi ketegangan kerja kantor hingga menjaga agar kita tidak stres pada penerbangan panjang untuk menjadikan kita orang yang lebih baik di dunia yang sepenuhnya kompetitif dan terbagi secara religius saat ini. Ini membawa keselarasan dalam gaya hidup dan stabilitas emosi kita yang tidak seimbang ke kehidupan pribadi kita. Cukup mengherankan bahwa hanya menghabiskan beberapa menit sehari untuk berlatih seni ini dapat memberi kita manfaat yang sangat besar.