percutian jogja

Kuliner merupakan salah satu faktor yang menjadi daya tarik pariwisata suatu daerah. Bila Anda percutian jogja, tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner khasnya. Tidak hanya gudeg, di Jogja juga memiliki kuliner lain yang wajib untuk dijajal, yakni brongkos. Brongkos adalah olahan yang berbahan dasar kacang tolo, tahu, telur, dan tetelan, kemudian bahan tersebut dicampur dengan santan yang telah dibumbui aneka rempah. Warna coklat pekat berasal dari Kluwak yang merupakan salah satu bumbu utama sayur brongkos.

Warung Brongkos Handayani merupakan Salah satu warung brongkos yang terkenal di Yogyakarta dan lebih dikenal dengan nama Brongkos Alkid. Dikenal dengan nama tersebut karena warung brongkos Handayani berada di kompleks Alun-alun Kidul Yogyakarta. Pasangan Adijo dan Saridjem adalah orang yang mendirikan warung ini pada tahun 1960-an, saat ini keberadaannya telah diteruskan oleh anak-anaknya.

Brongkos Handayani dimasak menggunakan bermacam rempah antara lain bawang merah, bawang putih, ketumbar,kemiri, lengkuas, kencur sunthi, merica, cabai, dan masih banyak lagi. kluwak sebagai salah satu bumbu utamanya wajib dimasukkan juga. Terdapat sekitar 16 jenis bumbu yang digunakan untuk memasak Brongkos Handayani ini. Semua bumbu tersebut kemudian dicampurkan dengan rebusan kaldu sapi jadi tidak heran jika tercipta brongkos yang lezat dan memanjakan lidah.

Warung Brongkos Handayani juga menyediakan nasi brongkos telur dan nasi brongkos koyor. Untuk nasih brongkos koyor tersaji dalam bentuk koyor berkuah tanpa ada tambahan kacang tolo dan tahu, sedangkan brongkos telur disajikan secara lengkap. Irisan bawang goreng akan ditambahkan di atas brongkos sebagai penyempurna sajian. Tidak hanya menjual nasi brongkos, warung ini juga menyediakan nasi pecel dan soto ayam yang tak kalah lezatnya khusus untuk pengunjung yang tidak menyukai sayut brongkos.

Lokasi dan Jam Buka Brongkos Alkid “Handayani”

Warung ini bisa ditemui di Alun-Alun Kidul dan jika datang dari Utara, Brongkos Handayani berada di sisi kanan jalan. Warung ini buka setiap hari dari jam 07.00 WIB hingga sore hari atau jika brongkos telah habis. Wisata ini bisa dicoba saat liburan di Jogja.

Tips Wisata Brongkos Alkid “Handayani”

  1. Jangan datang terlalu malam karena akan kehabisan.
  2. Lokasi warung ini dekat dengan Alun-Alun Kidul sehingga bisa mampir ke tempat tersebut.
  3. Jaga kebersihan.