Anda hanya setua yang Anda rasakan, kata pepatah. Tapi bagaimana jika Anda merasa tua, lelah, dan kumuh?

Kelelahan adalah keluhan yang umum, terutama setelah orang berusia setengah baya. Untungnya, ada banyak cara sederhana untuk meningkatkan energi. Beberapa bahkan memperlambat proses penuaan.

Inilah cara mengisi ulang tangki Anda saat tingkat energi Anda menggerutu.

 

Cara Mendapatkan Energi Anda Kembali

  • 1. Mengesampingkan masalah kesehatan.

Kelelahan adalah gejala umum dari banyak penyakit, termasuk diabetes, penyakit jantung, artritis, anemia, penyakit tiroid, dan sleep apnea. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda merasa sangat lelah.

Banyak obat dapat menyebabkan kelelahan. Ini termasuk beberapa obat tekanan darah, antihistamin, diuretik, dan obat lain. Jika Anda mulai mengalami kelelahan setelah memulai pengobatan baru, beritahu dokter Anda.

  • 2. Bergerak

Hal terakhir yang mungkin Anda sukai saat Anda lelah berolahraga. Namun banyak penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik meningkatkan tingkat energi.

“Latihan secara konsisten dikaitkan dengan peningkatan kekuatan dan kualitas hidup secara keseluruhan,” kata Kerry J. Stewart, profesor kedokteran dan direktur fisiologi penelitian klinis dan penelitian di Johns Hopkins University School of Medicine. “Orang yang menjadi aktif memiliki rasa percaya diri yang lebih besar. Tapi olahraga juga meningkatkan efisiensi kerja jantung, paru-paru, dan otot Anda, “kata Stewart. “Itu setara dengan meningkatkan efisiensi bahan bakar mobil. Ini memberi Anda lebih banyak energi untuk aktivitas apa pun. ”

  • 3. Mogok pose.

Meski latihan hampir sama bagus, yoga mungkin sangat efektif untuk meningkatkan energi. Setelah enam minggu mengikuti kelas yoga sekali seminggu, sukarelawan dalam sebuah penelitian di Inggris melaporkan perbaikan dalam pikiran yang jernih, energi, dan kepercayaan diri.

Tidak ada kata terlambat untuk mencoba. Peneliti University of Oregon menawarkan instruksi yoga kepada 135 pria dan wanita berusia 65 sampai 85 tahun. Pada akhir enam bulan, peserta melaporkan peningkatan rasa kesejahteraan dan dorongan energi secara keseluruhan.

  • 4. Minum banyak air.

Dehidrasi menghilangkan energi dan merusak performa fisik. “Penelitian kami menunjukkan bahwa dehidrasi membuat atlet sulit menyelesaikan latihan angkat beban,” kata Dan Judelson, PhD, asisten profesor kinesiologi di Universitas Negeri California di Fullerton. “Masuk akal untuk berpikir bahwa dehidrasi menyebabkan kelelahan bahkan bagi orang-orang yang baru saja melakukan tugasnya.”

Dehidrasi juga telah terbukti mengurangi kewaspadaan dan konsentrasi.

Bagaimana mengetahui apakah Anda cukup minum air putih? “Urin harus berwarna kuning pucat atau pucat,” kata Judelson. “Jika lebih gelap dari itu, Anda perlu minum air putih.”

  • 5. Tidur lebih awal.

Kurang tidur meningkatkan risiko kecelakaan dan merupakan salah satu penyebab utama kelelahan siang hari. Solusinya: Tidur cukup awal untuk tidur nyenyak.