Biaya Yang Diperlukan Untuk Membuat Instalasi Pengolahan Air Limbah – Untuk mengatasi persoalan limbah yang kain hari semakin mengkhawatirkan, maka diperlukan suatu usaha untuk mengatasinya. Salah satunya adalah membangun jaringan instalasi pengolahan air limbah. Namun, untuk membuat satu instalasi pengolahan air limbah bukanlah hal yang mudah. Untk biaya pembuatannya saja membutuhkan biaya sampai beratus-ratus juga untuk satu IPAL. Jika hendak membangun beberapa instalasi pengolahan air limbah untuk satu kota, berapa banyak anggaran yang perlu disiapkan ?

Biaya Yang Diperlukan Untuk Membuat Instalasi Pengolahan Air Limbah

Oleh karena itu, dalam pembangunannya IPAL harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika untuk skala besar, semakin banyak biaya yang Anda perlukan. Namun tidak ada salahnya jika Anda memilih IPAL yang minimalis dengan biaya yang tidak terlalu banyak namun minimalis.

  1. Biaya Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah Komunal

Jika Anda ingin membuat IPAL komunal, biaya yang diperlukan cukup tinggi karena ini termasuk IPAL dengan jenis sedang. Proses pembuatan IPAL komunal biasaya lebih lama. Pada prinsipnya IPAL komunal adalah sebuah penampungan limbah yang memiliki 25 – 40 saluran pembuangan dari rumah – rumah warganya.

Penampungan ini bisa berbentuk bak tertutup ataupun sebuah kolam. Namun biaya untuk membuat satu unit IPAL komunal biasanya mencapai 300 juta rupiah lebih.

  1. Biaya IPAL Klinik Dan Rumah Sakit

Untuk membangun IPAL di bidang kesehatan cukup rumit. Hal ini dikarenakan limbah medis dari klinik maupun rumah sakit banyak mengandung bahan-bahan kima yang sulit diuraikan serta kemungkinan besar juga mengandung bakteri patogen. Oleh karena itu, IPAL untuk rumah sakit harus didesain khusus.

IPAL untuk klinik biasanya lebih murah karena teknik pengolahan limbah tergolong masih sederhana. Sedangkan IPAL untuk puskesmas lebih mahal daripada klinik. Limbah medis dari puskesmas tergolong limbah yang sedikit berat. Yang terakhir ialah IPAL rumah sakit yang sangat mahal. Limbah rumah sakit merupakan limbah yang kompleks dan banyak mengandung unsur kimia sehingga dibutuhkan ipal medis yan canggih. Harga yang ditetapkan oleh kontraktor biasanya berkisar dari harga 1 M ke atas.

  1. IPAL Rumah Tangga

IPAL rumah tangga biasanya lebih murah, yaitu hanya bermodalkan 10 juta saja. Pengerjaannya pun lebih sederhana, yaitu hanya bermodalkan pipa dan tangki.