wisata jogja

Salah satu Kabupaten di Jogja yaitu Bantul terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah. Beberapa objek-objek wisata yang alami disukai oleh wisatawan karena menarik dan tentunya indah seperti Pantai Parangtritis, Panai Depok, Mangunan, dan lain sebagainya. Selain terkenal dengan objek wisatanya kabupaten ini juga mempunyai berbagai macam hidangan kuliner yang pastinya lezat dan nikmat. Makanan khas Bantul beberapa sangat unik dan eksotik yang memiliki cita rasa yang membuat lidah pasti ketagihan. Makanan eksotik tersebut sebut saja oseng emprit, wedang uwuh, dan sup tupai, dan yang paling terkenal adalah mie lethek – wisata jogja.

Walau namanya tidak menjual tetapi mie lethek merupakan mie yang sangat disukai oleh warga Jogja. Makanan ini diproduksi oleh masyarakat dari Srandakan, Bantul, yang berbahan dasar campuran tepung tapioka dan gaplek. Warna mie tampak tidak menarik, terlihat kotor dan tidak bersih namun makanan mie ini terbilang juara. Mie letek biasa diolah menjadi mie rebus dan mie goreng. Warna mie ini benar-benar kusam dan tampak kurang enak dan sulit untuk membangkitkan selera seperti namanya “lethek” yang dalam bahasa Jawa berarti kotor atau kusam. Tetapi jangan menghakimi kalau mie ini rasanya tidak enak karena makanan ini sangatlah enak. Hal tersebut di buktikan dengan banyaknya warga Jogja yang menyukai makanan ini para wisatawan pun menyukai makanan dan banyak yang mencobanya.

Mie lethek terbuat dari tepung tapioka yang dicampuran dengan gaplek kemudian diolah secara tradional. Mengolahnya tidak mengunakan pewarna makanan dan bahan kimia lainnya sehingga dikamin sehat. Oleh karena itu membuat warna dari mie ini hampir sama dengan gaplek yaitu kuning gading yang agak kusam. Mie ini malah menjadi daya tarik dan melegenda di Jogja karena warnanya tersebut. Seperti mie pada umumnya, mie lethek diolah menjadi mie lethek goreng dan mie lethek rebus. Mie ini juga dipakai sebagai campuran nasi goreng magelangan.

Saat mengolahnya, mie lethek dimasak di atas tungku anglo dengan bakar arang batok kelapa. Mie letek diolah dengan campuran beraneka bumbu seperti bawang putih, kemiri, merica, serta garam untuk menambah kenikmatannya maka akan tambahkan sebutir telur bebek atau ayam kampung serta suwiran ayam. Agar lebih lezat maka di hidangkan juga berbagai sayuran untuk melengkapi hidangan mie ini. Mie lethek yang kusam wajib di coba bagi wisatawan yang sedang tour di Jogja dan menyukai makanan yang unik dan berbeda.