sewa mobil malang bromoDirektorat Bina Marga melalui departemen yang khusus bertanggung jawab terhadap penggunaan jalan tol yaitu Badan Pengatur Jalan Tol yang disingkat dengan BPJT, langsung memberikan respon setelah viralnya video di lini masa yang menayangkan bagaimana seorang sopir taksi curang yang tidak membayar ketika melewati jalan tol.

Kepala sub Bidang Operasi dan Pemeliharaan BPJT yaitu bapak RP. Rajagukguk menyatakan bila mereka telah mendapatkan laporan jauh sebelum tayangan itu ada bahwa beberapa pengemudi melakukan tindakan curang ketika melewati jalan tol. Namun dia menyatakan bila mereka akan menyelidiki terlebih dahulu laporan tersebut. Demikian katanya kepada harian VIVA pada hari Selasa tanggal 13 Februari 2018.

Dia menambahkan bahwa hal itu dilakukan biasanya pada pintu masuk tol yang mengalami gangguan sehingga pembayaran tidak dapat dilakukan semestinya. Para pengemudi ini menurutnya mungkin telah tahu kelemahan pada titik itu sehingga terjadilah kecurangan tersebut.

Menurutnya, bila pintu tol tersebut bekerja dengan semestinya, meskipun mobil dibagian belakang menempel mobil dibagian depan sehingga dia tidak membayar, maka hal itu akan terdeteksi oleh system.

Meskipun demikian, pihaknya menyatakan telah mengatasi hal tersebut dengan menempatkan beberapa cctv atau kamera di titik-titik tertentu yang bisa merekam semua lalu lintas yang melalui pintu tol. Dengan alat tersebut, pihak BPJT bisa menggunakannya sebagai bukti hukum untuk menuntut sopir taksi curang ke meja hukum.

Kisah sopir taksi curang ini menjadi viral setelah diunggah oleh akun istagram @dramaojol.id yang selalu menggugah cerita-cerita lucu seputar taksi atau ojek online. Dalam unggahannya disampaikan bila seorang pengemudi taksi sambil membawa penumpang memperlihatkan keahliannya menipu jaringan e-tol atau system tol berbayar elektronik sehingga dia tidak membayar seperti biasanya. Terlihat sang penumpang terheran-heran bertanya kepada sopir tersebut.

Sang sopir berdalih hal itu bisa dilakukan dengan memanfaatkan jeda menutupnya pintu tol selama 5 detik. Dia dengan bangga menerangkannya kepada penumpang yang dibawanya. Dengan jeda waktu tersebut, dia memepet mobil depan dan bisa melewati pintu tersebut. Untuk itu memang diperlukan tindakan yang cepat sehingga mobil bisa melalui pintu tersebut dalam jeda waktu yang ada.

Kecurangan seperti ini tentu tidak akan dilakukan para pengemudi sewa mobil Malang Bromo mengingat di kota Malang tidak ada jalan tol. Meskipun ada, sangat kecil kemungkinan sopir berbuat curang karena resikonya adalah kredibilitas dari perusahaan yang diwakilinya.