Diabetes merupakan suatu penyakit yang dapat terjadi pada siapa saja apabila tubuhnya tidak dapat menghasilkan hormon pengatur gula darah/insulin, sehingga dapat menyebabkan kadar gula darah pada orang tersebut meningkat/diatas normal. Diabetes merupakan salah satu penyakit terbanyak yang diderita oleh orang diseluruh dunia, Indonesia sendiri masuk ke dalam daftar 10 besar masyarakatnya penderita diabetes terbanyak didunia.

gambar milik terapilintah.com

Perlu anda ketahui bahwa kurang dari 50% masyarakat diIndonesia yang menderita diabetes tidak menyadarinya, bahkan dari mereka banyak yang tidak tertolong akibat ketidak tahuannya tersebut. Dan bahkan banyak sekali dari mereka yang anggota tubuhnya diamputasi karena penyakit yang satu ini.

Terapi lintah dipercaya dan terbukti dapat menolong seseorang agar bagian tubuhnya tidak diamputasi karena penyakit ini.

Pasti banyak yang bingung dan bertanya tanya ketika mendengar kalimat diatas? Kenapa bisa, apa kaitannya lintah dengan diabetes? Untuk itu mari kita cari tahu bersama sama.

Diabetes merupakan penyakit yang dapat mematikan sistem saraf pada anggota badan seperti kaki dan tangan, apabila aliran pembuluh darah pada kaki dan tangan mengalami keterbatasan maka jaringan saraf pada daerah tersebut akan kehilangan fungsinya. Inilah penyebab tindakan pemotongan/amputasi harus dilakukan, supaya tidak menyebar ke bagian lain.

Maka dari itu melakukan tindakan untuk meningkatkan sirkulasi jaringan pada pembuluh darah perlu dilakukan supaya jaringan saraf dapat bekerja sebagaimana mestinya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terapi lintah dengan memanfaatkan lintah jenis hirudo medicinalis dapat mengatasi masalah diatas. Pada proses terapi, lintah akan ditempelkan pada bagian tangan atau kaki pada penderita diabetes yang jaringan sarafnya tidak berfungsi. Ketika itu lintah akan menggigit dan mengeluarkan zat hirudin yang berfungsi untuk melancarkan pembuluh darah, sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah serta mencegah kematian pada jaringan saraf.

Zat Hirudin yang dihasilkan lintah hirudo medicinalis sudah menjadi perhatian para peneliti terutama dibidang medis. Karena kemampuannya melancarkan serta mencegah pembekuan darah, sehingga peredaran sel darah menjadi lebih lancar serta mengurangi tekanan pada jantung. Zat ini juga sering kali dilibatkan saat operasi syaraf kecil seperti pada telapak tangan dan kaki, karena kemampuannya melancarkan darah pada pembuluh kapiler yang baru disambung.

Itulah kenapa terapi lintah sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, biasanya seseorang yang diterapi dengan hewan ini akan berangsur angsur membaik secara bertahap. Di Indonesia sendiri terapi lintah yang sudah terkenal dan profesional adalah terapi lintah Guharto yang beralamatkan di Depok Jawa barat, beliau sudah mahir dalam hal ini. Dan bahkan beliau juga membuka kursus terapi lintah, selain itu beliau juga menyediakan lintah terapi dan juga minyak lintah untuk dijual. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat..