Semakin banyaknya aplikasi yang terinstall dan berjalan dalam sebuah ponsel Android tentu akan menurunkan performa ponsel tersebut. Apalagi ketika aplikasi yang berjalan tersebut cukup banyak memakan RAM tentu ponsel kita akan semakin lemot. Terkait akan hal itu tentu kita pernah atau bahkan sering melihat iklan tentang aplikasi booster dan cleaner, lantas perlukah aplikasi tersebut kita pasang? Yuk simak ulasan berikut ini !Sebelum menuju materi pembahasan ada kalanya kalau kita mengenal apa itu RAM. Apa itu RAM?

RAM adalah

RAM adalah

Jika diartikan dengan bahasa pemrograman pasti agak ribet jadi secara singkat RAM dapat diibaratkan dengan sebuah jalan. Sedangkan aplikasi yang berjalan diibaratkan dengan mobil. Semakin banyak aplikasi yang berjalan pada RAM maka tentu saja RAM tersebut akan semakin sesak. Jika diibaratkan semakin banyak mobil makan jalanan akan semakin macet.

Lantas apa hubungannya RAM dengan aplikasi booster dan cleaner?
Aplikasi booster dan cleaner adalah aplikasi yang dapat membersihkan atau menutup aplikasi yang sedang berjalan pada RAM. Sehingga memungkinkan RAM menjadi lega dan ponsel kita tidak melambat lagi. Namun disisi lain aplikasi Booster dan Cleaner sendiri ternyata juga berjalan dilatar belakang dan juga memungkinkan untuk menggunakan RAM yang berlebihan.

Lantas jika aplikasi booster sendiri cukup memakan RAM apa solusinya biar RAM menjadi lega tanpa aplikasi booster tersebut?

Sebetulnya aplikasi booster adalah aplikasi yang digunakan bagi orang yang malas dalam  merawat ponselnya. Kenapa dikatakan sebagai aplikasi orang malas? Karena pada sejatinya tanpa aplikasi booster tersebut kita bisa melakukannya secara manual dengan cara menekan tombol recent app. Tombol recent app adalah tombol yang ada pada semua ponsel Android. Pada recent app disitu kita bisa melihat aplikasi apa saja yang telah kita buka dan aplikasi yang belum ditutup jadi tinggal kita kosongkan saja semua aplikasi pada recent app maka ponsel kita tidak akan melambat lagi.

Lalu untuk cleaner sendiri bukannya penting untuk menghapus sisa cache aplikasi yang ada?

Sejatinya tanpa aplikasi cleaner sendiri kita bisa menghapus berkas sisa cache aplikasi secara manual dengan menuju menu seting à aplikasi. Disitu kita tinggal memilih aplikasi mana yang akan dihapus cache.nya. sehingga dapat dikatakan aplikasi cleaner adalah aplikasi untuk mempermudah menghapus cache, tapi ingat aplikasi ini juga berjalan di RAM/latar belakang.

Nah dari sini sudah jelas bahwa sejatinya aplikasi booster dan cleaner berfungsi hanya untuk mempermudah tetapi tidak mengatasi dan malah justru membebani RAM pada ponsel kita. Untuk masalah menginstall atau enggaknya terserah pribadi masing-masing user. Disini Dunia Android hanya menjelaskannya saja serta menyarankan untuk tidak memasang aplikasi sejenis tersebut.

Demikian artikel mengenai aplikasi pembersih dan pendorong yang dapat Dunia Android sampaikan. Silahkan baca juga 4 Aplikasi pemakan RAM. Khusus pengguna Android yang sudah di root Anda bisa menggunakan aplikasi Greenify. Aplikasi Greenify sendiri sudah terbukti dapat melegakan RAM tanpa membebani RAM. Baca juga Cara Memasang Greenify pada Android